Step By Step Instalasi CentOS

Halo teman-teman seperjuangan yang masih semangat dan selalu setia di blogku yang sederhana ini namun mengguncang dunia hihihi. ketemu lagi dengan saya Ryan, sering dipanggil Pace sih, oh iya, berhubung postingan ini ada hubungannya dengan mata kuliah yang saya ambil sekarang yaitu perangkat lunak jaringan, saya akan akan memposting sebuah artikel yang berkaitan dengan matakuliah tersebut yaitu "Step by Step Instalasi CentOS". untuk penjelasan CentOSnya akan dilanjutkan penjelasannya lebih lanjut lagi dibawah.

1.) Pertama teman-teman harus membuat partisi baru di Laptop/PC teman-teman. Sebagai contoh misalnya Laptop/PC teman-teman memiliki 2 Partisi, C dan D maka teman-teman langsung aja membuat partisi baru dari D dengan Kapasitas 20GB = 20000MB , maka akan otomatis ada partisi baru yaitu E unlocated. Untuk lebih jelasnya, bisa diliat tampilan dibawah. 

- Buka Computer > Manage > Disk Management , maka akan muncul tampilan seperti dibawah





2.) lanjut ke tahap selanjutnya, sekarang kita Restart Laptop/PC kita lalu masukkan CD Instalan CentOS yang sudah berada di dalam kaset. Jangan Lupa menekan tombol untuk masuk ke pengaturan Booting awal. karena setiap Laptop/PC berbeda cara masuk BIOSnya, usahakan perhatikan perintah yang muncul setelah Laptop/PC Direstrart agar tidak salah saat masuk di BIOSnya. Setelah itu akan muncul tampilan pilihan Booting yang mau digunakan. Karena kita akan menginstal CentOS lewat CD, maka kita Pilih boot lewat CD.




3.) Setelah teman-teman masuk instalasi Centos6 ikuti saja langkah-langkahnya. Untuk melanjutkan proses instalasi. setelah masuk ke proses, pilih [SKIP] kemudian akan muncul menu seperti tampilan dibawah ini.










Setelah itu masukkan http://192.168.1.100/centos6 kemudian OK, kita memasukkan IP dari lab OS agar file file instalasi tambahan dapat di unduh secara langsung.



4. Setelah itu, maka Laptop/PC teman-teman akan Reboot Otomatis dan akan melanjutkan untuk menginstalasi CentOS 6











5. Setelah itu kita memasuki tahap pemilihan lokasi drive untuk penginstalan Centos6, untuk kita kita pilih partisi yang sebelumnya sudah dibuat dengan disk management, melihat partisinya dapat kita lihat yang bertuliskan "Free". klik kemudian edit dengan setting sebagai berikut :
Ext4 -> Swap, Size = 1024, Pilih Fixed size kemudian create.
selesai yang pertama, kemudian click lagi yang masih "Free" dengan setting sebagai berikut :
Ext4, Size 200, Fill to Maximum Alowable Size kemudian create.


6. Pilih write change to disk. kemudian tunggu proses formating selesai. pada proses ini komputer akan di reboot, saat masuk ke pemilihan windows, akan terdapat pilihan Centos6 dan other, maka pilih Centos6, setelah itu akan masuk ke tahap penginstalan selanjutnya.




7. Setelah masuk kembali ke Centos6 ikuti gambar gambar berikut.


" ganti other dengan Windows kita sebelum menginstal Centos6
karna setelah menginstal Centos6 kita tetap dapat menggunakan
OS kita yang lama "




" Proses instalasi diMulai!!!, Menunggu dan menunggu..
(Pada fase ini CD centos6 yang terdapat dalam laptop boleh dikeluarkan)
" Instalasi Centos6 Selesai!, eit masih lanjut...
Sekarang pilih reboot "


8. Saat reboot, kita pilih kembali Centos pada saat pemilihan OS. kemudian proses instalasi masih berlanjut hingga muncul tampilan dibawah, tanda tanda instalasi akan segera selesai se selesai selesainya.. haa

" Baca dan Ikuti dan Isi dengan terserah anda..
(disini kita membuat user dan pass, kaya di windows)




9. Saat muncul Kdump langsung FINISH aja.. kemudian Komputer akan reboot dengan sendirinya, saat masuk pemilihan boot OS (Tampilan ini disebut GNU GRUB, kata kakanya) pilih Centos6 lagi. Setelah itu tunggu loading Centos6, (sama kaya di windows cuma sekarang pake bar loading) saat loading selesai, masuk ke akun yang telah anda buat dengan password yang barusan dibuat (ingat bukan password Super User!) nah setelah masuk, anda sudah menyelesaikan proses instalasi Centos6, Selamat!!

*semoga tidak terjadi hal hal tidak di inginkan.

Setelah tahap ini sebenarnya ada beberapa tahap koding yang dilakukan oleh asisten lab melalui terminal Centos, namun saya tidak sempat mendokumentasinya karena proses yang begitu rumit, dari ngodingnya pake bahasa bahasa yang benar benar primitif..

ok, this is it, thanks for reading, semoga bermanfaat ilmu instalasi Centos6 ini..

Ryan Pace

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

No comments:

/* Untuk Disabled Gambar */