Mengenal PostgreSQL dan Belajar DDL pada SQL


Halo Teman-Teman. Bagaimana kabar kalian semua. Insyaallah Baik2 saja ya. Oh iya saya sebelumnya mau sedikit curcol dulu dengan teman-teman. Teman-Teman sudah pada tau PostgreSQL nggak ?? Jadi bagi saya PostgreSQL memang menjadi hal baru juga yang saya dengar tapi mungkin bagi teman-teman yang sudah pernah mendengarnya pasti tau tentang PostgreSQL. ya, jadi PostgreSQL adalah sebuah aplikasi pengolah Database, sama halnya seperti Oracle, MySQL, Microsoft Access dan aplikasi yang lain. PostgreSQL memang didesain sebagaimana fungsinya untuk menangani mulai dari pengolahan Database, hubungan dalam Database dan semua yang berkaitan dengan Database. Mungkin untuk lebih jelasnya teman-teman bisa langsung saja mencari mengenai PostgreSQL di Google atau mungkin nanti saya akan membuat 1 postingan khusus untuk memperkenalkan lebih rinci tentang PostgreSQL.


1.) Pengertian DDL

DDL (Data Definition Language) adalah kumpulan-kumpulan perintah yang dilakukan administrator database untuk mendefinisikan skema dan subskema database. Berikut adalah beberapa yang akan digunakan : 
- Membuat (create)
- Mengubah (alter)
- Menghapus (Drop)
Berikut adalah beberapa kumpulan perintah yang akan kita gunakan di Pemrograman SQL untuk lebih jelasnya kita langsung saja mempraktekannya.

kita akan mencoba membuat sebuah database dengan nama tabel Mahasiswa , nim numeric (10), nama char (30), jurusan varchar (25).
untuk lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah :
dari gambar diatas kita bisa melihat bahwa untuk membuat database dengan nama Mahasiswa kita menggunakan perintah create tabel mahasiswa lalu kita isikan fieldnya sesuai yang diminta. Setelah kita selesai membuat tabelnya kita tekan Enter. jika codingan kita benar maka akan muncul tulisan CREATE TABLE. dan untuk menampilkan tabel yang baru kita buat kita dapat menggunakan perintah \d (nama tabel) contoh : \d mahasiswa .

Banyak Perintah-Perintah dalam Alter yang wajib kita harus tau. Daripada lama-lama kita langsung saja mencontohkannya 1 per 1.
  a.) Menambahkan field pada tabel
Sebagai contoh kita ingin menambahkan field alamat varchar (30) pada tabel mahasiswa maka perintahnya seperti diatas. Sebagai contoh liat gambar berikut ini.

dalam membuat database kita pasti membutuhkan sebuah komponen yaitu Primary Key. Primary key adalaha field yang menjadi kunci dalam suatu tabel data. untuk cara membuat Primary Key bisa kita liat tampilan dibawah ini.

dalam menu alter, kita juga dapat mengubah type data suatu field. untuk dapat merubah type data, kita dapat menggunakan perintah :



Berikut contohnya dalam codingan SQL nya :

selain menambahkan Primary Key bersamaan langsung ketika kita membuat tabel databasenya, kita juga dapat menambahkan Primary Key belakangan setelah tabel Databasenya sudah jadi. untuk membuat primary key seperti itu kita dapat membuat Perintah :


Berikut tampilan jika langsung ingin menambahkan di tabel yang telah kita buat sebelumnya lalu ditambahkan Primary Keynya :


sama halnya seperti Primary key. di Database juga kita akan mengenal yang namanya Foreign Key. Foreign Key adalah sebuah Field yang kita buat di suatu tabel, dimana Field ini memiliki nama dan type data yang sama dengan field di tabel lain yang menjadi Primary key. jadi gunanya untuk menyambungkan antar keduanya. untuk perintah menambahkan Foreign Key kita dapat menggunakan perintah dibawah ini.
jika teman-teman sudah memiliki tabel data namun belum dibuat Foreign Keynya langsung saja diketik program seperti gambar dibawah ini dan akan muncul tampilan kalau kita berhasil membuat Foreign Key.








Ryan Pace

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

No comments:

/* Untuk Disabled Gambar */