Pemrosesan STRING pada LINUX


Hay teman-teman semua..!!! ketemu lagi dengan saya ryan, mungkin kali ini saya akan banyak memposting tentang linux dikarenakan banyak tugas yang mengharuskan saya mengupload materi pada blogku tercinta ini.. hehehe, harap maklum ya sob. Ok.. langsung saja kita langsung dalam pembahasan inti mengenail Pemrosesan string pada linux. namun sebelumnya kita jabarkan dulu pengertiannya satu per satu ya.

Pengertian String

String adalah serangkaian perintah yang disediakan dari linux. Dalam string sendiri kita dapat mengurutkan karakter, mencari karakter, memilih karakter yang mau ditampilkan dan lain sebagainya. berikut contoh-contoh perintah dalam string :


1.  wc

wc adalah singkatan dari word count yaitu perintah untuk menghitung baris, karakter dan kata pada suatu karakter.

Penulisan wc :
   - wc - l  [nama file.txt] : untuk menghitung jumlah baris/line
   - wc -w [nama file.txt] : untuk menghitung jumlah kata
   - wc -c  [nama file.txt] : untuk menghitung jumlah karakter
jika mau sekalian langsung dimunculin sekaligus jumlah baris, kata dan karakternya maka kita dapat langsung mengetikkan :
   -wc [nama file.txt]


2.  cut
cut seperti yang kita kenal adalah untuk mengambil data, file, ataupun karakter untuk dipindahkan di tempat lain. cut pada linux tidak jauh beda fungsinya dengan yang disebutkan cuman cut pada linux ialah hanya mengambil atau memindahkan data yang kita pilih untuk ditampilkan sementara pada layar LCD.
Penulisan cut :
    - cut -d [nama file.txt]    : ialah untuk mengambil data yang dipilih yang dipisihkan tiap fieldnya                                                   dengan tanda ':' yang biasa diartikan sebagai Delimeter
    - cut -f  [nama file.txt]    : untuk mengambil data tiap field, biasa dipisahkan oleh tab pada setiap                                                   fieldnya
    - cut -c  [nama file.txt]    : untuk mengambil data berdasarkan karakter pada setiap katanya


3.  head  
head adalah perintah untuk mengambil data dari baris paling atas ke bawah sesuai pilihan kita mau sampai di baris ke berapa.
Penulisan head :
   - head -2 [nama file.txt]  : yaitu mengambil dan menampilkan data dari baris paling atas sampai                                                    baris ke-2 

4.  tail
tail adalah perintah yang fungsinya kebalikan dari head. kalau head mengambil dan menampilkan data dari baris atas kebawah, maka tail sebaliknya, dari baris bawah ke atas.
Penulisan tail :
   - tail -2 [nama file.txt]  : yaitu menggambil dan menampilkan data dari baris paling bawah sampe                                                baris ke-2 dari bawah


5.  grep
Grep adalah perintah untuk mengambil string yang dipilih. grep dapat digunakan untuk mengambil character ataupun satu kata.
Penulisan grep :
   - grep [character/kata] [nama file.txt] 


6.   find
find adalah perintah untuk menunjukan lokasi file yang kalian sedang gunakan. ketika kalian menggunakan find, kalian akan ditunjukan nama direktori yang didalamnya ada file yang kalian sedang cari.
Penulisan find :
   - find [nama file.txt] 


7.   tr
tr adalah perintah untuk memanipulasi string.
Penulisan tr :
   - tr "[a-z]" "[A-Z]" < [nama file.txt]  : kalimat yang ada di file kalian akan diubah dari huruf                                                                              kecil menjadi huru kapital.



Ryan Pace

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

No comments:

/* Untuk Disabled Gambar */