LARAVEL FRAMEWORK, DREAM is REAL


hay gaes.. wah akhirnya kembali lagi setelah sekian lama jarang memosting tutorial dan informasi terbaru. oh iya sebelumnya curhat dikit kebetulan sedikit lagi saya akan wisuda alhamdulillah. ya doakan aja insyaallah lancar dan dapat memberikan hasil yang membanggakan amin :).

oke jadi pada postingan kali ini saya akan sedikit memperkenalkan teman-teman sekalian dengan mainan baru untuk yang suka ngoding nih khususnya Web Programming. yups.. Laravel jeng jeng jeng.. :D 
jadi mungkin yang baru mengenal apa itu laravel mari kita bahas dibawah apasih laravel dan manfaatnya seperti apa..

laravel adalah salah satu Framework PHP yang lagi booming akhir-akhir ini dikalangan Web Developers. apasih Framework itu. jadi Framework itu gampangnya adalah sebuah kerangka dalam menuliskan sebuah program dengan model sesimpel dan seoptimal mungkin. mungkin sebelumnya teman-teman yang paham dan ngerti dengan PHP pasti tau persis dengan istilah PHP Native nah, untuk sekarang PHP Native hampir mulai ditinggalkan karena masih menggunakan penulisan yang sangat rumit dan sulit untuk dilakukan pembaharuan oleh orang yang berbeda.


Framework juga sudah banyak yang berkembang di kalangan Web Developer. mungkin yang paling sering didengar seperti Codeigniter, Yii, dll. di tahun 2016 kemarin pun Laravel sukses dengan masuk dalam nominasi Popular PHP Frameworks yang sering digunakan dan diimplementasikan. lalu sebenarnya apa sih yang membuat Laravel begitu sangat digandrungi oleh para Web Developers ??


1. Security 

Sudah pasti semua Programmer Web selalu mengutamakan yang namanya keamanan. karena wajar saja pastinya Web yang telah dibangun sudah tentu akan mereka hosting di cloud yang nantinya bisa diakses oleh semua orang dan itu merupakan suatu tantangan tersendiri. namun di Laravel semua sudah benar-benar diperhatikan dikarenakan banyak komunitas Laravel yang selalu mengembangkan celah-celah yang masih ada di laravel itu sendiri mulai dari keamanan validasi, authentikasi, sanitasi data dsb dan semua dapat dimiliki dengan gratis dengan Laravel.


2. Teamwork

Inti permasalahan dari beberapa programmer adalah gaya dalam membuat program berdasarkan logika masing-masing orang tentunya. nah ini juga yang menjadi permasalah ketika suatu aplikasi yang dikembangkan oleh orang yang berbeda dan nantinya akan diperbaharui oleh orang yang berbeda pula, sudah pasti malah membuat masalah wkwkw. nah di laravel sendiri model penulisan program sangat sederhana dan memiliki beberapa kaedah yang pastinya akan mirip walaupun dibangun oleh orang yang berbeda. itu kenapa Website yang dibangun oleh beberapa Tim Programmer selalu mendahulukan Framework dalam bekerja, agar mudah dalam berkolaborasi.


3. Komunitas

Untuk Framework khususnya laravel sudah banyak menjamur komunitas yang tersebar di seluruh dunia dan khususnya Indonesia. Komunitas tersebut sangat membantu dalam pengembangan laravel sendiri karena sifatnya yang bersifat opensource. jadi pastinya akan sangat banyak tutorial yang bisa kita dapatkan untuk membangun aplikasi dengan Framework Laravel ini


sebenarnya masih banyak lagi keunggulan dari Framework Laravel ini. teman-teman bisa baca artikelnya di sini :
- http://jagocoding.com/tutorial/433/Berkenalan_Dengan_Framework_Laravel
-https://medium.com/laravel-indonesia/7-alasan-menggunakan-framework-laravel-dibandingkan-native-php-89462abd806

gimana kira-kira mulai tergambar kemudahan yang nyata yang berhasil diciptakan oleh laravel hehe.. yang jelas untuk memulai belajar Laravel sangat banyak sekali tutorial yang diberikan oleh google. dapat juga dilihat melalui channel youtube.

okeh.. mungkin cukup segitu pembahasan dan perkenalan singkat mengenai Framewok Laravel, insyaallah nantinya saya akan membuat beberapa pembelajaran di laravel. kita akan mulai membahas bersama-sama nantinya.

oke.. saya ryan pamit undur diri, terima kasih sudah mau singgah di blog saya hehe.. sampai jumpa..

Ryan Pace

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

No comments:

/* Untuk Disabled Gambar */