LARAVEL | Installasi & Perkenalan


Hay gaes.. oke kembali lagi dengan saya ryan di blog ini. kali ini kita akan mencoba untuk sama-sama membahas mengenai Installasi & Perkenalan Laravel. mungkin sebelumnya kita sudah sempat membahas tentang Laravel dan apasih sebenarnya manfaat membangun aplikasi berbasis Web dengan menggunakan Framework PHP khususnya Laravel. Sebelum  kita menginstallasi Laravel sebenarnya ada beberapa aplikasi penunjang yang sama halnya seperti teman2 ingin membuat aplikasi berbasis web pada umumnya contoh XAMPP / Laragon sebagai Apache Servernya dan mungkin IDE sekelas Sublime Text / Atom.


1. Composer


Composer adalah Dependencies atau Packages Manager yang dapat menyelesaikan permasalahan dependencies program kita. dan juga semua Packages yang disediakan oleh composer adalah packages yang secara struktur sudah sangat OOP banget untuk membangun web yang dahulunya berfaham native. mungkin ada yang bertanya kenapa sih harus composer, emang sepenting itu menggunakan composer. oke saya menganalogikan semisal kalian akan membuat sebuah fungsi di php yang nantinya akan membuat proses konversi dari SQL ke Excel, programmer dahulu kala pasti berfikir harus membuat library proses semua data tersebut, belum berapa lamanya membangun, belum lagi nanti ada bugnya dan sebagainya. nah di Composer semua sudah tersedia. kalian cukup mengetikan perintah untuk membuat controller yang diperlukan lalu wallaa.. struktur telah dibuat otomatis. kita cukup merubah data yang nantinya kita proses didalamnya. gimana mudah bukan. oh iya untuk mendownload composer silahkan disini

untuk melihat apakah composer sudah terinstall apa belum pada PC kita, kita cukup mengetikkan "composer" pada CMD jika sudah maka tampilannya akan seperti dibawah ini





2. Laravel Packages

Mungkin sebelumnya biar nggak salah faham. maksud Laravel Packages disini adalah Folder Laravel yang nantinya menjadi folder web untuk dibuat program phpnya. jadi sebenarnya Laravel itu bentuknya seperti folder web pada umumnya cuman di folder laravel tersebut sudah include beberapa fitur yang siap untuk kita gunakan dan utak atik sesuai kebutuhan program nantinya. oke biar nggak bingung kita langsung download Laravel Packages. ada 2 cara mendownload laravel :


  • Via Laravel Installer
sumber : laravel

  • Via Composer Create-Project
sumber : laravel

cara kedua lewat composer create-project merupakan cara yang paling sering digunakan menginstalasi Laravel Packages. cara sangat mudah, kita cukup menggunanakan Command Line Interface atau CMD di windows. sebelumnya kita masuk dahulu ke directory apache web yang nantinya akan diakses. kalau menggunakan XAMPP directorynya berada di xampp/htdocs. jika sudah berada di directory HTDOCS barulah kita mengetikan perintah pada cara kedua (liat diatas via composer create-project). waktu penginstalan packagesnya lumayan lama jadi kita biarkan saja berjalan sampai prosesnya selesai.


jika semua proses instalasi berjalan dengan baik. maka akan ada folder Laravel di folder xampp/htdocs teman-teman sekalian berikut kira2 tampilannya


mungkin seketika muncul pertanyaan kenapa harus kita install di folder xampp/htdocs, kenapa nggak di folder lain saja. jawabannya bisa kok di folder lain di directory bisa aja. cuman karena kebetulan kita menggunakan XAMPP Apache Server yang kebetulan semua folder website yang akan kita kerjain dan ditampilkan itu berasal dan berada di folder HTDOCS maka dari itu kita langsung sekalian saja menginstal laravelnya di folder tersebut agar tidak perlu lagi memindahkan foldernya setelah diinstalasi. paham kira2. oke nice ahaha.

nah jadi kalo diliat sekilas laravel sangat persis kan kaya folder web yang biasa teman-teman kerjain semisal masih menggunakan php native. cuman yang membedakan nanti adalah kaidah dan aturan dalam memaksimalkan fitur yang tersedia di laravel, mulai dari routing, view dan nanti juga kita akan kenal dengan namanya Artisan, templating blade pada laravel. gimana mulai menarik. hehe.

nah jadi kira2 pada postingan ini kita cukup membahas mengenai installasi dan perkenalan laravel. kali ini kita sudah berhasil menginstall Laravel Packages melalui CMD menggunakan Composer Create-Project. untuk pembasan berikutnya akan saya lanjutkan lagi pada postingan berikutnya so jangan sampai ketinggalan ya. sampai jumpa di postingan berikutnya, Terima kasih.. :) 

Ryan Pace

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

No comments:

/* Untuk Disabled Gambar */