Perkenalan React JS


Halo teman-teman sekalian. gimana kabarnya nih ?? hehe.. tidak terasa sudah lama sekali ya saya tidak kembali aktif untuk menulis lagi di blog ini. nah ngomong-ngomong tentang tulisan saya di blog ini, saya sedang merencanakan strategi untuk kembali aktif dalam menulis di blog ini yang kemungkinan semua postingan yang dipost di blog ini akan saya post juga di Instagram @code5five. selain itu inshaallah dalam waktu dekat saya akan mengusahakan tutorial pembahasan dan penjelasan juga dalam bentuk video di youtube.

oke.. kembali ke topik utama, untuk pembahasan kali ini ada materi menarik nih yang lagi banyak dibicarakan di kalangan programmer. yupss..!! tepat sekali Framework. mungkin teman-teman yang yang sdh mengikuti tulisan saya dari dulu saya sempat membahas framework yang cukup trend juga yaitu Laravel. berangkat dari tulisan saya tentang Laravel itulah yang membuat saya ingin kembali menuliskan pembahasan yang lain yang tidak kalah menarik untuk itu tidak menutup kemungkinan bahwa saya juga tetap akan melanjutkan seri pembahasan Framework sebelumnya.

nah.. bicara soal React JS, salah satu framework yang menduduki peringkat no 1 terbanyak digunakan didunia. hmm.. ini juga saya sempat membaca postingannya dari sini. Kenapa sih React JS cukup menjadi sangat populer beberapa tahun belakangan ini, ternyata ada peran dari Facebook. yaa.. Facebook dan Developernya berhasil membuat sebuah Framework JS yang sebenarnya secara tidak sengaja terpikir ketika mengalami problem dalam mengerjakan sesuatu, kemudian akhirnya React JS pun di Open Source kan hingga sekarang cukup banyak memiliki collaborator yang tersebar di berbagai penjuru.

pertanyaannya... Kenapa Harus React JS, kenapa tidak Angular JS, Vue JS, dan framework yang lain ? pertanyaan yang cukup menarik yang akan coba saya jabarkan satu per satu.

nah gambar diatas ini adalah situs resmi React JS teman-teman bisa buka disini.  pada menu awal website React JS dijelaskan bahwa keunggulan dari React JS yaitu :

  1. Declarative
    React membuat proses pembuatan tampilan antarmuka pengguna interaktif menjadi lebih mudah.
  2. Component Based
    Kita dapat membuat Component yang reusable dengan mudah. kita cukup buat component itu sekali. lalu kita dapat menggunakan itu berkali-kali di component yang berbeda.
  3. Learn Once, Write Anywhere
    Dengan modal Javascript yang kita miliki, kita akan dengan mudah memahami beberapa konsep dasar dalam menuliskan React JS, cukup mengkombinasikan konsep yang dimiliki oleh react dengan syntags JS lalu Aplikasi dengan React telah siap. kita pun diberi kesempatan untuk membangun Aplikasi mobile dengan React Native yang Syntagsnya pun kian sama, gimana ?? menarik bukan. 

 gambar diatas adalah Repository React dari Facebook. terlihat jumlah Contributors yang cukup banyak, fork dan Star menandakan sangat seriusnya Facebook menggarap framework besutan mereka di Open Source kan sehingga membuka kesempatan kepada setiap programmer untuk mencoba memperbaiki setiap issues yang ada ataupun melakukan improvement terhadap framework React JS ini.


lalu bagaimana caranya kita memulai sebuah Aplikasi dengan React JS ?? mudah sekali teman-teman. ternyata kita telah disupport dengan Boilerplate yang sangat memudahkan kita untuk melakukan install React JS di Komputer kita masing-masing. kita dapat menggunakan Create-React-App atau sering disebut dengan istilah CRA.
kita cukup membuka websitenya disini. kita ikuti perintah dengan memulai menginstall create-react-app secara global di komputer kita. lalu kita jalankan perintah create-react-app untuk membuat sebuah folder yang sdh support React Library didalamnya. untuk mencoba installasi React menggunakan CRA akan saya jelaskan di pembahasan di materi selanjutnya.

dengan beberapa penjelasan yang telah saya kupas satu per satu mengenai React JS apakah teman-teman mulai tertarik untuk coba mempelajari Framework JS tersebut. meskipun cukup banyak point positif yang telah di klaim oleh React JS, bukan menjadi jaminan bahwa React JS akan terus mampu untuk bertahan dan semakin active user yang menggunakan, namun tidak ada salahnya untuk kita coba bukan ?? :)

oke mungkin cukup sekian perkenalan awal kita dengan React JS. ikuti terus postingan saya selanjutnya karena akan selalu ada pembahasan menarik terkait pemrograman selanjutnya..
terima kasih.

Ryan Pace

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

No comments:

/* Untuk Disabled Gambar */